Rekomendasi Tablet Terbaik untuk Main Game PPSSPP

Rekomendasi Tablet Terbaik untuk Main Game PPSSPP – Pertanyaan yang muncul di benak CHIP saat pertama kali melihat langsung ToughPad FZ-M1 adalah alasan Panasonic merilis tablet berbasis Windows (versi 8.1 Pro 64 bit) ini dengan layar berukuran “hanya” 7 inci, terlebih lagi jika dioperasikan dengan sentuhan jari. Jun Matsuo, (Director Toughbook Asia Pacific Group) secara diplomatis menyatakan bahwa Panasonic hanya merespons masukkan dari konsumen yang selama ini mereka dapatkan, salah satunya adalah tablet berbasis Windows berlayar 7 inci (1280 x 800 pixel, IPS LED backlighting). Faktor Windows sebagai sistem operasi (OS) yang telah “mapan”, dibandingkan OS tablet lainnya (Android, PanaSonIC ToUgHPaD FZ-M1 Tablet Windows 8 yang Tahan Banting Kini Berlayar 7 inci iOS) di lingkungan perusahaan juga menjadi alasan tersendiri. “Ramuan kuat” dari Toughpad FZ-M1 berasal dari pemakaian material casing magnesium alloy yang dipadukan dengan thermoplastic ABS dan bantalan pelindung (elastomer) di keempat bagian sudutnya.

Salah satu efeknya, tablet tersebut tidak akan rusak jika terjatuh dari ketinggian 1,5 meter (saat mati atau hidup). Kecerahanan layar hingga 500 nit terbukti saat CHIP mencoba menggunakannya di luar ruangan saat matahari terik. Layar sentuhnya yang mendukung 10 sentuhan jari ini dioptimalkan oleh software Panasonic Dashboard agar Toughpad bukan hanya mendukung interaksi sentuh, tetapi juga bisa optimal saat memakai stylus atau sarung tangan. Terdapat pula mode “water” saat cuaca sedang buruk (gerimis, angin, dan lain sebagainya).

Toughpad dengan kamera belakang 5 MP rear (LED Flash) dan webcam 2 MP sayangnya hanya memakai baterai 3220 mAh (dua cell 22Whr) yang meskipun diklaim bisa bertahan 8 jam, “hanya” mencapai durasi berkisar 4 jam saat dilakukan synthetic benchmark PCMark 8 – Battery life (4 jam, 6 menit, 20 detik). Untungnya, Panasonic juga menyediakan opsi baterai yang lebih awet (7,100 mAh) atau baterai “bridge” yang bisa bertahan selama 30 detik jika ingin mengganti baterai baru saat Windows sedang aktif. Mengingat tablet Toughpad FZ-M1 berbobot 540 gram ini dirancang untuk aktivitas di lapangan, CHIP menyarankan Anda untuk lebih berfokus pada pemakaian software berbasis user interface (UI) Metro mengingat software dengan UI klasik cenderung sukar digunakan dengan tangan. Solusi lainnya (jika harus memakai software klasik desktop), pengguna disarankan menggunakan stylus adapter tambahan beserta pegangan khusus (hand strap) agar tablet lebih nyaman dipegang saat di lapangan. Hasil performanya (benchmark) yang kurang lebih bergantung pada prosesor (Intel Core i5 4200U, GPU (Intel HD Graphics GT2), kapasitas RAM 4 GB (bisa diupgrade ke 8 GB), dan SSD (Samsung) menunjukkan skor sedikit di bawah tablet Windows dengan spesifikasi yang sama.

Namun, perlu ditekankan di sini: Panasonic tidak mendesain Toughpad FZ-M1 agar memiliki performa yang terbaik atau tercepat di kelasnya. Synthetic benchmark bukanlah tujuan akhir, karena tablet ini difokuskan Panasonic untuk menjadi tablet tahan banting (rugged tablet) yang dibuktikannya dengan sertifikat lolos uji, seperti IP65 dan MIL-STD-810G. Perlu diketahui juga, Toughpad FZ-M1 berdesain sistem cooling fanless sehingga setting serba “under” untuk prosesor, RAM, dan lainnya pasti akan diimplementasikan Panasonic. Seperti halnya notebook Toughbook, tablet FZ-M1 juga menyediakan opsi aksesori tambahan (dijual terpisah), seperti docking station/bay (desktop/vehicle), 1D/2D barcode reader, charger, Bar Code Reader, Magnetic stripe reader, GPS, HF/RFID 13.56 MHz reader, 1D/2D barcode reader, se rial port, slot microS, UHF/RFID 900MHz EPC Gen2 reader, dan lain-lain.

Mengikuti seri toughbook yang sudah dikenal sebagai notebook super kuat dan sangat awet, panasonic tetap mengandalkan tiga faktor bagi konsumen yang menggunakan produk tablet pc-nya tersebut. Ketiga faktor tersebut antara lain customisation, durability (ketahanan), dan purna jual. Ketiga hal inilah yang membedakan tablet mereka untuk sektor bisnis/enterprise dengan tablet lainnya yang berbasis Android dan ioS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *