Pengertian Gazebo Dan Nama Lokal Untuk Gazebo

Gazebo yaitu bangunan yang umumnya diletakkan pada tempat-tempat terbuka yang mempunyai panorama yang unik, menawan, menyejukkan. Umumnya fungsi gazebo yaitu sebagai daerah yang diterapkan untuk bersantai dan menghabiskan waktu, sambil bercengkrama bersama dengan merasakan estetika panorama sekitarnya.

Daerah yang menarik untuk dibangun gazebo, umpamanya di tepi kolam ikan, di tengah taman bunga, atau dapat juga di taman belakang rumah, atau di daerah-daerah sejenis dengan itu.

Sebab memang tujuan dibangunnya gazebo, yaitu sebagai daerah untuk merasakan wilayah sekitarnya, karenanya gazebo akan dibangun dengan membikin banyak bukaan pada tiap sisinya, pun umumnya hampir tak ada penutup dinding pada tiap sisi gazebo, jadi kebanyakan gazebo akan memakai tiang-tiang penopang atap saja.

Penyebutan gazebo sendiri dulu disajikan oleh orang Eropa yang ada di Indonesia, jadi namanya terdengar lebih keren. Melainkan sesungguhnya orang Indonesia telah mengetahui bangunan ragam ini semenjak lama, pun sebelum orang Eropa datang ke Nusantara. Contohnya saja bangunan yang di namanakan oleh orang sunda adalah saung, atau namanya gubug orang jawa menyebutnya.

Orang jawa, menyebut gubug lebih banyak,lebih banyak menyebut gubug, sebagi bangunan kecildi tengah sawah ,berfungsi sebagai waktuuntuk beristirahat bagi orang yang berprofesi di sawah, dan sebagai daerah untuk melihat sawah hal yang demikian. Untuk saung sendiri kaprah-kaprah artinya hampir sama seperti gubug pada orang Jawa.

Walaupun, untuk gazebo yang berada di komponen depan rumah, khususnya sekali pada rumah-rumah tradisional Jawa, dan fungsinya yaitu untuk mendapatkan tetamu, disebut sebagai pendopo, Umumnya pendopo dan bangunan utama pada rumah adat Jawa, dipisah dan dikaitkan dengan memakai koridor, tapi sesekali ada juga yang lantas menyambungkan pendopo dengan rumah utama.

Jadi, sesungguhnya konsep gazebo telah diketahui oleh Bangsa Indonesia semenjak lama, pun sebelum Bangsa Eropa datang ke Indonesia.

Sebab perbedaan tradisi, sejarah, dan bahan yang paling banyak ditemukan di tempat asalnya, karenanya bahan bangunan yang diterapkan oleh Eropa dalam membangun gazebo akan berbeda dengan bahan bangunan yang diterapkan oleh orang Indonesia.

Dalam membangun gazebo umumnya orang Eropa lebih berbahagia memakai bahan bangunan kokoh seperti beton, batu bata, atau baja, hal ini kerena di tempat asalnya mereka mengetahui empat musim dan umumnya mereka juga mengetahui badai dan cuaca buruk.

Sebab itu bahan yang kuat dan tanah lama acap kali menjadi alternatif. Umumnya gazebo pada orang Eropa acap kali diterapkan pada musim semi dan musim panas, sebab pada ketika ini yaitu waktu yang paling pas untuk bersantai di luar rumah.

Walaupun untuk orang Indonesia, sebab di sini banyak terdapat bambu dan kayu, karenanya kedua bahan ini yaitu bahan baku utama dalam pembuatan gazebo. Mungkin kedua bahan ini tak bisa bertahan lama, tapi sebab bahan yang diterapkan murah dan gampang didapatkan, karenanya bahan inilah yang kemudian banyak diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *